Minggu, 04 Oktober 2020

KEGIATAN SOSIALISASI RUMAH BELAJAR PEMBATIK LEVEL 4 2020

kulakulajua.blogspot.com

Alhamdulillah Puji syukur saya ucapkan, karena pada kegiatan PembaTIK 2020 pada Level 4 Berbagi ini telah dilaksanakan dengan cara tatap muka. Dan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Tidak ada kata terlambat dalam berbagi, berbagi dan belajar untuk bisa lebih baik memang itu suatu keharusan yang perlu untuk dipupuk dan dikembangkan bagi setiap insan. Sebagai seorang pengajar dan pendidik sewajarnyalah kita harus bisa selalu beradaptasi dengan tuntutan jaman dan majunya perkembangan dunia sekarang ini. Kita harus bisa keluar dari zona nyaman kita untuk bisa mampu bertahan dan mengimbangi agar kita tidak jauh tertinggal dari perubahan jaman yang terus berpacu tanpa henti.

PembaTIK merupakan arah baru bagi saya untuk bisa terus menyelam dan memahami lebih dalam tentang Pembelajaran Berbasis TIK. Sebagai seorang pengajar dan pendidik yang ditugaskan di daerah yang sulit sinyal saya merasa banyak hal yang perlu untuk diketahui dan dipelajari tentang pembelajaran itu sendiri. Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dan media yang bisa kita pergunakan. 


Rumah Belajar merupakan salah satu portal pembelajaran yang dibangun untuk memajukan Pendidikan di negeri ini sewajarnyalah kita gaungkan keberadaannya. Rumah Belajar merupakan rumahnya para pendidik dan anak didik. Rumah Belajar belajar untuk semua. Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.    

Kegiatan KKG PAI Al-Huda dan KKG Penjas Pengaron


 


Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 September 2020 Pukul 09.00 Wita sampai selesai Tempat SDN Pengaron 1 Kecamatan Pengaron Kab. Banjar Kalimantantan Selatan. Pada kegiatan tersebut juga diikuti oleh peserta KKG Penjas Pengaron. Sambutan dari ketua KKG PAI Al-Huda sangat menyambut baik dengan kegiatan tersebut, dan beliau ingin kegiatan tersebut menjadi salah satu agenda tetap pada kegiatan KKG berikutnya. Adapun sambutan dari ketua KKG Penjas hampir senada dengan ketua KKG PAI Al-Huda, dimana ketua KKG Penjas juga merupakan salah satu peserta PembaTIK 2020 namun beliau hanya bisa sampai Level 1 atau level literasi dikarenakan ditempat beliau sinyal sulit sehingga beliau tidak dapat meneruskan ke level berikutnya.  Pada kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 26 peserta. Sosialisasi Rumah Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Inovasi Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Inquiri Learning Pembatik Level 4 Berbagi Tahun 2020 menjadi tajuk dalam sosialisasi tersebut.


Kegiatan KKG Gugus 2 Kecamatan Sungai Pinang


 



Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 September 2020 Pukul 09.00 Wita sampai selesai, yang bertempat di salah satu lesehan Bincau Martapura Kabupaten Banjar yang dihadiri oleh 29 peserta. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan sosialisasi Rumah Belajar dan penjelasan tentang PembaTIK 2020 serta pengenalan Fitur-fitur Rumah Belajar. Kegiatan tersebut seharusnya bertempat di SDN Sumber Harapan 1 Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar namun dikarenakan situasi dan kondisi maka tempat pelaksanaannya dilaksanakan di daerah Martapura. KKG Gugus 2 Sungai Pinang merupakan salah satu KKG yang sekretariatnya berada di daerah yang sulit sinyal dan tergolong 3T dan tidak terdeteksi oleh google map. Walaupun demikian kami berharap bahwa Rumah Belajar bisa di nikmati dan dikenal oleh kawan-kawan dari daerah sana. Apalagi saya seorang guru yang masuk Level 4 yang juga berasal dari sana.


Kegiatan KKG PAI Martapura Timur


 

Kegiatan KKG PAI Martapura Timur dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020 yang bertempat di SDN Keramat Kecamatan Martapura Timur. Pada kegiatan Sosialisasi Penerapan Model Discovery Inquiri Learning dengan Memanfaatkan Fitur Sumber Belajar PembaTIK Level 4 Berbagi yang dihadiri oleh Kepala Kasi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Banjar dan Kepala Korwil Pendidikan Kecamatan Martapura Timur dan Barat serta Pengawas Sekolah Dasar. Pada kegiatan tersebut dihadiri 13 peserta Guru Pendidikan Agama Islam se-Kecamatan Martapura Timur.

Pada intinya semua kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka tersebut seusuai dengan protokol Covid-19. Tujuan kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas PembaTIK Level 4 Berbagi disamping untuk memajukan pembelajaran berbasis TIK yang notabenenya bersesuaian dengan kemajuan jaman sekarang ini. Saya sadar bahwa banyak kekurangan yang ada pada diri pribadi tentang TIK namun saya mencoba untuk bisa berbagi dengan segala keterbatasan yang ada tanpa ada kesan untuk menggurui. Semoga pada kesempatan berikutnya kita bisa saling mengisi, berkolaborasi, dan saling melengkapi agar kemajuan pendidikan kita bisa terus berkembang dan maju sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jalani, Nikmati, dan Syukuri mungkin itu yang bisa saya jadikan penguat hati agar bisa mengabdi baik sebagai seorang Pengajar dan Pendidik dan juga sebagai seorang SRB Kalimantan Selatan yang berasal dari Kabupaten Banjar. Salam Rumah Belajar. Belajar Untuk Semua. Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.   


https://www.facebook.com/100000631381739/videos/3567850166579328/

https://www.facebook.com/pani.albanjari/posts/3572205186143826 

https://www.facebook.com/100000631381739/videos/3574024285961916/

https://www.facebook.com/100000631381739/videos/3578960618801616/ 

https://www.facebook.com/pani.albanjari/posts/3586737441357267

#MerdekaBelajar
#NadiemMakarim
#Pembatik2020
#PembatikLevel4
#RumahBelajar
#Tributetohendriwidiatmoko
#Guruberbagi
#Gurupenggerak
#Pembatiklevel4kalsel2020
#Pembatikbanjar
#Kalselbisa
#Banjarbisa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar