Jumat, 04 September 2020

Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya


Pelajaran 2
Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya

Assalāmu’alaikum
Anak-anak, tahukah kalian, siapa yang menciptakan alam semesta beserta isinya? Bagaimana kita mengenal pencipta alam semesta beserta isinya? Apakah Sang Pencipta alam beserta isinya juga mengutus seorang rasul kepada kita? Ayo, ikuti pelajaran ini, insya Allah kalian dapat membuktikan adanya Allah Swt. (Sang Pencipta) dan rasul-Nya.

A. Beriman kepada Allah Swt.
Allah Swt. yang menciptakan dan menguasai alam raya ini yang ada di langit dan bumi: manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan ciptaan lainnya. Bagaimana kita mengenal Allah? Kita dapat mengenal Allah melalui: alam semesta, al-Qur’an, dan nama-nama Allah (asmaul husna).
1. Mengenal Allah Melalui Alam Semesta
Amati dan ceritakan gambar berikut!


Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. “Ya Rasul, apa arti beriman itu?” Rasulullah menjawab, “Beriman artinya percaya kepada Allah.” Beriman atau iman artinya percaya; percaya kepada Allah sebagai Tuhan semesta alam.
Beriman kepada Allah artinya percaya kepada Allah. Bukti adanya Allah adalah adanya alam semesta dan semua isinya. Al-Qur’an telah menjelaskan adanya Tuhan dan nama-Nya. Adanya alam semesta, termasuk bumi yang kita huni sekarang ini adalah bukti adanya Tuhan. Alam semesta ini berisi benda-benda. Di dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam terdapat benda mati, benda yang tidak bisa bergerak, bertumbuh, berkembang, dan bernafas. Juga benda yang bisa bergerak, bertumbuh, berkembang, dan bernafas. Semua itu Allah Swt. yang menciptakan.

Sumber : Buku PAIBP Kelas 4 Hal 11-12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar